Rabu, 23 November 2016

9 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Di Ciamis


Ciamis adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat, selayaknya kabupaten yang lain Ciamis juga kental akan budaya dan keindahan panorama alamnya. Peninggalan-peninggalan sejarah masih dapat kita temui baik itu berupa prasasti maupun peninggalan lainnya, peninggalan tersebut adalah warisan dari kerajaan Galuh yang konon dahulu berdiri di Ciamis.

Selain peninggalan-peninggalan bersejarah Ciamis juga menyuguhkan wisata budaya dan wisata alam yang tidak kalah indahnya dengan wisata-wisata daerah lainnya. Check this out!

1.  Astana Gede Kawali, mengenal dan belajar.

Astana Gede kawali adalah komplek peninggalan sejarah masa lalu di masa kerajaan Galuh. Disini kamu bisa menyaksikan peninggalan-peninggalan kerajaan galuh, baik berupa prasasti hingga pemakaman raja terdahulu.

Situs Astana Gede Kawali di samping sebagai taman Cagar Budaya dan sebagai obyek wisata budaya, juga merupakan obyek ilmu pengetahuan. Banyak tinggalan budaya masa lampau yang sudah dizamah oleh para ilmuwan seperti ahli arkeologi, ahli filologi sejarawan dsb. Mereka datang untuk menellti mulai dari jenis batu-batuan, tulisan dan bahasanya, atau temuan-temuan lain yang berhasil digali terutama oleh para ahli arkeologi.

by : facebook/studiutitikdua
2.  Situ Lengkong, rekreasi dan budaya.

Sebuah destinasi yang menggabungkan antara rekreasi dan wisata budaya. Dikatakan demikian karena traveler yang datang ke danau ini akan disuguhi dengan pemandangan indah situ yang punya pulau di tengahnya bernama Nusa Larang.

Wisata budaya yang bisa ditemukan traveler di Situ Lengkong adalah adanya sejarah dari Kerajaan Panjalu yang menjadi cikal bakal kawasan tersebut. Di pulau tengah danau ini juga terdapat makam Hariang Kencana, putra dari Hariang Borosngora, jada jangan heran jika banyak yang berkunjung untuk berjiarah ke sini.

Ada pemandangan menarik dimana pulau tersebut digunakan untuk bersarang kelelawar yang jumlahnya konon mencapai ribuan dengan ukuran yang beragam.

by: google
3.  Ciung Wanara, situs peninggalan Kerajaan Galuh

Terbentuknya daerah Ciamis tidak lepas dari sejarah Kerajaan Galuh yang menjadi cikal bakal daerah ini. Untuk itu tidak heran jika di kabupaten ini banyak ditemukan situs peninggalan dari zaman kerajaan tersebut. Salah satu yang wajib di kunjungi adalah Situs Karangmulyan atau disebut juga dengan Ciung Wanara.

Ciung Wanara merupakan sebuah situs purbakala dan juga arkeologi yang terletak di desa Karangmulyan, kecamatan Cijeungjing, kabupaten Ciamis. Situs yang bercorak Hindu-Budha ini adalah peninggalan dari Kerajaan Galuh. Sangat mudah untuk menjangkau kawasan wisata seluas 25 hektar ini karena posisinya berada di jalan nasional Ciamis-Banjar-Pangandaran atau berjarak sekitar 7 kilometer dari Kota Banjar ke arah selatan. Selain melihat banyak sekali situs peninggalan Kerajaan Galuh, traveler yang berkunjung juga menyempatkan diri untuk berfoto di depan Gong Perdamaian.
by: google
4. Curug tujuh cibolang, surga tersembunyi.

Air terjun di kampung Nanggela, desa Sandingtaman, kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis ini bernama Curug Cibolang. Namun obyek wisata alam ini juga memiliki julukan lain sebagai Curug Tujuh yang kemudian membuat banyak traveler lebih suka menyebutnya sebagai Curug Tujuh Cibolang. Penamaan ini tidak lepas dari jumlah terjunan air yang jumlahnya tujuh dan berada saling berdekatan.

Curug Tujuh Cibolang berjarak 35 kilometer dari pusat kota Ciamis ke arah utara dan 5 kilometer dari pusat kota kecamatan Panjalu. Ketujuh terjunan air di curug ini pun memiliki namanya masing-masing antara lain Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh. Inilah destinasi yang pas untuk traveler kunjungi jika merindukan suasana tenang dengan udara pegunungan yang sejuk. Untuk menjelajahi keseluruhan curug diperlukan niat dan tentunya energy yang banyak, jadi tertantangkan buat menjelajahi ketujuh curug cibolang ini?
by:google
5.  Alun-alun Ciamis, pusat keramaian hiruk pikuk Ciamis.

Seperti halnya kota-kota lain ciamis juga memiliki alun-alun yang sering disebut dengan taman raflesia, kenapa disebut taman raflesia? Karena terdapat sebuah air mancur raksasa ditengah taman yang berbentuk bunga raflesia, tapi tenang saja air mancurnya tidak bau kok. Selain itu taman raflesia juga berdekatan dengan Masjid Agung Ciamis yang megah dan sejuk.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi alun-alun Ciamis adalah minggu pagi dan setiap sore hari. Dimana Alun-alun akan ramai dikunjungi warga, pedagang bahkan hiburan-hiburan seperti delman domba.
by:google
6.  Pesona Taman Surawisesa Kawali.

Taman Surawisesa Kawali terdapat disalah satu kecamatan di Ciamis, Ruang terbuka ini awalnya berupa tanah lapangan yang biasa digunakan oleh warga untuk bermain sepak bola namun pada tahun 2015 di ubahlah menjadi taman terbuka. Hingga kini taman tersebut selalu ramai dikunjungi warga, baik itu sekedar jalan-jalan maupun menikmati sore yang indah.
by:google
7.  Mega Wisata Icakan

Tidak jauh dari pusat kota Ciamis ada obyek wisata mewah yang bakal memanjakan traveler yaitu Mega Wisata Icakan atau dikenal pula sebagai Waterpark Icakan. Taman rekreasi air ini disebut-sebut sebagai yang termegah dan terbesar di kawasan timur Jawa Barat dimana seluruh taman ini berada di lahan seluas 70 hektar.

Tiket masuk ke kawasan wisata mewah ini ternyata cukup murah, tidak sampai 10 ribu rupiah traveler sudah bisa menikmati keindahan Mega Wisata Icakan. Namun jika mereka mau mencicipi setiap wahana yang ada akan dikenakan biaya terpisah yang nominalnya bervariatif siapin aja budget 100 ribu rupiah. Beberapa wahana seru yang bisa traveler cicipi antara lain waterboom, flying fox, sepeda air, Bus wisata, dan lainnya.
by: icakan.com
8.  Jembatan Cirahong, Panorama indah untuk penggila fotografi

Jemabatan cirahong adalah salah satu peninggalan penjajah belanda yang masih berdiri membentang menjadi penghubung antara Ciamis dan Tasikmalaya, selain terkenal akan sejarahnya juga terkenal akan keunikannya yang mana Jembatan Cirahong ini bagian atas digunakan untuk jalur rel kereta api seedangkan bagian bawah digunakan untuk jalur mobil dan motor. Berkat panorama yang diberikan, tidak sedikit para fotografer yang berburu untuk mengabadikan setiap moment di Jembatan Cirahong.
by:adin blog
9.  Kampung Kuta, mengenal desa adat tanpa harus ke Bali.

Eiiits Kampung Kuta ini bukan Kuta yang dibali loh, melainkan sebuah Kampung bernama Kuta yang memegang adat sunda yang masih sangat kental. Salah satu yang paling menonjol adalah mereka sangat getol dalam melestarikan hutan dan mempertahankan kelestarian mata air serta pohon aren sebagai sumber kehidupan. Pun demikian warga di kampung adat ini cukup terbuka dengan kunjungan wisatawan. Mereka yang berkunjung akan ditawari menginap dan membaur dengan masyarakat lokal serta mengikuti segala kegiatan yang dilakukan.
by:google
Bukan hanya tempatnya saja, Ciamis juga memiliki makanan khasnya sendiri yang tentunya tidak kalah lezatnya dan yang paling penting, Yuk kapan mau ke Ciamis?

4 komentar:

  1. Iindonesia makin asik nih..

    Belajar bahasa pemrograman web yuk disini http://penakngoding.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. wah nanti ane kabari ente yah om kalau ane jalan2 ke ciamis lumayanlah daripada kesasar wkwkwkwk

    BalasHapus
  3. ternyata Ciamis juga punya tempat keren ya sob...

    BalasHapus
  4. Wah. Banyak juga tempat wisata didaerah ciamis. Kalo ada waktu saya otw kesana dah

    BalasHapus